Kamis, 20 Januari 2011

Perbedaan antara jeans dan denim

gw adalah orang tomboy, terbukti gw lebih akbrab dengan banyak temen cowo dr pada cewe yang klemer" hehe, mungkin karena aktifitas gw yang selalu dilapangan menuntut gw gak ribet jadi orang,asal nyaman dan adem uda cukup kayaknya buat situasi cuacca seperti dijakarta ini, gak perlu rebet" hehe.....
gw gak gt suka dandan feminim,tepatnya kl kepepet br dandan...hahha, ini info" dibawah yang gw dapat hasil googling yang gw simpan dan sayang bgt kl ada yang pencinta denim tapi gak tau sejarahnya jeans gimana
nah disini gw mau kasi tau aja, kl istilah" jeans itu banyak banget tertutama Perbedaan antara jeans itu sendiri dengan denim. Ada orang ato mungkin banyak banget orang yang kaget begitu tau ada celana jeans denim dengan harga yang berjuta" ,mungkin awam dan mereka hanya tau levis, hehe.... ato mungkin,nudie yang sekarang uda banjir banget gan,sampe abang" tanah abang aja uda pad apake lol.... gw sendiri pencinta jeans ,dari jaitan cs,selvedge,inseam dan segalanya gw da tau. tp gw masi berusaha mencari lebih dalam lagi tentang data" lebih lengkapnya...jadi kl ada salah" dibawah ini,maap ya :)

Sekarang, saya akan menceritakan sedikit dari sejarah denim dan bagaimana proses pembuatannya. Seringkali kita mengetahui secara garis besar pembuatannya akan tetapi belum mengetahui proses selengkapnya. Mungkin sedikit background akan membantu.
genoa harbour
genoa harbour
Mungkin masih ada yang sering bingung, apasih bedanya denim dan jeans? Denim adalah bahannya dan jeans merupakan produknya. Pemakai jeans pertamakali adalah pelaut dan penambang emas di California. Denim sendiri berasal dari kataSerge de NĂ®mes yang merupakan sebuah kota di France, sedangkan jeans berasal dari Genoese yang merupakan sebutan bagi para pelaut dari Italia yang selalu memakai baju berwarna biru saat berlayar.
Indigo plant
Indigo plant
Dulu, denim sebenarnya merupakan paduan dari wool dan cotton atau wool dan silk( tidak tahu mana yg benar) tetapi setelah abad ke-19, hanya memakai cotton saja. Warna biru dari jeans merupakan hasildye dari tanaman indigo yang telah dipergunakan sejak 2500 B.C. Pabrik-pabrik jeans mengimport indigo plant dari India sampai akhirnya sintetik indigo diciptakan. Sebuah sumber mengatakan bahwa Indonesia dulu merupakan salah satu penyuplai Indigovera(emas biru). Ambarawa dan sekitarnya merupakan ladang terbesar Indigovera. Natural indigo sangat mahal tetapi masih bisa ditemui pada jeans-jeans sekarang. Namun, disertai dengan harga yang melambung tinggi. Sintetik indigo ditemukan oleh Adolf Von Baeyer pada tahun 1878.
straussleviposterTidak bisa dipungkiri, Levi’s Staruss merupakan pioneer daripada jeans. Mereka merupakan pemasok ‘celana kerja’ kepada para penambang emas. Levi’s  berdiri sejak 1850 hingga sekarang. Mr. Levi Strauss sendiri tidak menyukai sebutan jeans, maka ia menyebutnya overall. Info selengkapnya mengenai Mr. Levi Strauss dapat dibaca pada link:http://www.friendsofcannabis.com/friends/levi_strauss.htm
Bukan Levi’s yang menemukan rivets. Jeans-jeans mereka pada awalnya tidak menggunakan rivets, Jacob Davislah yang menemukannya. Ia adalah seorang penjahit yang seringkali mendapat complain dari para penambang karena jaitan yang sering lepas. Rivets dipantenkan pada tanggal 20 Mei, 1873. Zipper diciptakan untuk menggantikan button fly pada tahun 1920. Dan pada tahun 1937, hidden rivets diciptakan karenacomplain rivets belakang merusak kursi, sofa, dan saddle kuda.  Pada tahun 1960s, rivets tidak lagi dipasang pada back pockets. Maka dari itu, jeans-jeans yang memiliki details hidden rivets merupakan replica daripada masa-masa vintage tersebut.
Sekarang saya akan sedikit menceritakan mengenai masa-masa kejayaan jeans. Jeans mulai populer pada tahun 1950, dan pada tahun 1957, mencapai penjualan sebesar 150 juta pasang di seluruh dunia. Tahun 1967, 200 juta pasang terjual di Amerika, 500 juta di tahun 1977, dan puncaknya 520 juta pada tahun 1981. Banyak ahli menganggap bahwa kerasnya penjualan jeans bergantung pada harga yang murah, however, pd tahun 1970an harga jeans meningkat hingga dua kali lipat dan penjualan tetap melebihi supply.Namun, pada tahun 1980an penjualan semakin menurun.
Sekarang, Levi’s memproduksi jeans dengan berbagai macam warna dan para designer pun berlomba-lomba memproduksi jeans dengan berbagai macam teknik terbaru. Jeans pun menjadi salah satu item fashion paling populer.

Sedangkan  "Denim adalah jenis kain, dan jeans adalah salah satu produknya, serta Nudie adalah salah satu merek jenas yang menggunakan bahan denim" denim lebih banyak diproduksi dijepang dan pemasaran yang cukup mengagetkan sekali disana ,karena hampirsemua orang mengenakan celana denim dan mencitai denim ,baik perempuan atau lelaki terutamanya.... hampir setiap orang yang lewat atau gw liat pake mata gw seniri ,menggunakan celana denim...bahkan anak kecil pake samuraiiii gan, yang harganya berjuta" itu :hammer bener" deh!!!!1






Yang terbuat dari bahan tanaman seperti:


kemudian di keringkan


dan proses penghancuran VS kimia



dan ini adalah jeans berbahan denim :

Kandungan denim sendiri itu berbeda" seperti yang dijual dipasaran, nudie memang menggunakan bahan denim tp hanya terkandung dikit aja...tepatnya brapa percent gw belum reserarch sih,cuman yang gw tau nudie tidak sekaku flat head,samurai,iron herat dan lain".... gw biasa pake flat head,dimana jeansnnya fittingnya ngepas di gw,karna tidak terlalu regular fit...kl regular fi kegedean di gw.... dan untuk berbagai merek jeans banyak hal merek yang ukurannya harus di up banget karena sangking kakunya sampe sulit dikancing,bahkan eans itu sangking kakunya bisa berdiri sendiri tanpa dipake hahaha......


"Denim lebih dari sekedar bahan yang disusun atas rangkaian kapas. Awalnya Denim memunculkan sejumlah opini dari parasejarawan, designer, para kaum muda, bintang film dan penulis. Di tahun 1969 seorang penulis untuk majalah American Fabrics menyebutkan, " Denim adalah salah satu bahan tertua didunia, dan hingga saat ini pun bahan tersebut masih dikenal semua orang. Apabila bahan tersebut masih terus digunakan maka Denim akan selalu menjadi incaran".

Berdasar pada Legenda dan fakta, sejumlah ahli bahasa berupaya untuk mencari tahu sejarah dari kata Denim. Sebagian besar buku referensi menyebutkan, Denim merupakan kata yang diambil dari sebuah frase asal Perancis " Serge De Nimes" atau dengan kata lain kain yang berasal dari sebuah kota Nimes di Perancis. Walau demikian, sejumlah ahli bahasa mulai mempertanyakan penjelasan tersebut.

Asli dari Eropa
Kain Serge de Nimes membawa mereka kembali ke Perancis diabad ke-17. Pada saat yang sama di Perancis ada pula kain yang dikenal dengan nama Nim. Kedua bahan tersebut ternyata berkomposisi sama yakni berupa susunan dari sejumlah benang wool.

Serge De nime ternyata juga dikenal di Inggris sebelum akhir abad ke-17. Namun kemudian muncul pertanyaan apakah bahan tersebut diimport dari Perancis atau apakah bahan tersebut merupakan bahan yang sama dengan nama yang kebetulan sama pula. Bahan yang diberi nama sesuai dengan lokasi geografis ini, ternyata juga dibuat di manapun. Nama yang beredar sempat dipinjam untuk keperluan penjualan. Belakangan diketahui bahwa Serge De Nimes juga dibuat di Inggris dan bukan di Nimes, Perancis.

Namun tetap saja, untuk mengetahui dari mana kata Denim berasal bukanlah hal yang muda. Apakah Denim merupakan kependekan dari Serge Denim. Jika dilihat dari bahan dasarnya Serge De Nimes sendiri dibuat dengan bahan dasar sutra dan wool. Sementara Denim dibuat dengan bahan dasar Wool saja. Lagi-lagi hal tersebut cukup membingunkan. Hubungan diantara dua kain yang disebutkan hanyalah namanya saja. Apakah Serge De nime merupakan kata original dari Denim yang berarti kain tersebut dibuat ulang dari bahan dasar wool yang akhirnya diberi nama Nim ? Dan apakah Serge De Nimes lebih dikenal luas dari pada Nim dan akhirnya terjadi kesalahan saat mengartikan kata ketika kain tersebut memasuki pasaran Inggris ? Sepertinya hal tersebut sulit untuk diketahui"

Yang gw tau tentang denim, adalah bahan pembuat jeans yang memiliki keunikan makin jarang di cuci dan seiring seringnya pemakaian bentuk dan warnannya makin bagus, di mana bentuk efeknya (fit) akan mengikuti lekuk tubuh dari si pemakai jika jeans ini di gunakan terus menerus. Corak dari fit ini yang di cari pecinta denim, karena akan berbeda satu dengan yang lainnya.
yah sekilas kutipan" dari blog yang gw ambil,semoga bisa menambah pengetahuan kalian buat para awam yang gak gt ngerti,ato para orang yang baru mau mencintai denim,Jadi ini contoh kain denim:
welcome to darahkubiru,com
hahahahhaha

1 komentar: